Selasa, 07 Juli 2015

Panduan Membangun Rumah Tinggal ( Tabel Harga Ongkos Kerja Tukang )

Dalam membangun Rumah Tinggal baik dilaksanakan oleh Kontraktor atau dilaksanakan oleh Pemborong atau Minimal dilaksanakan langsung oleh Tukang. Tentunya kita tidak luput dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) agar dana (cost) di kantong kita siap selalu sedia untuk hal-hal mendadak. Untuk merancang RAB tersebut maka dari itu kita juga harus menanyakan dan mencari tahu beberapa Faktor Berikut ini, agar Nilai Cost yang kita keluarkan menjadi lebih efisien dan efektif dalam kata lain tidak dalam pemborosan. 



Kita tidak pernah ketinggalan dalam beberapa faktor berikut ini antara lain :

  1. Kualitas Pekerjaan Tukang
  2. Kelas / Kualitas Bahan Yang Di Gunakan
  3. Jarak tempuh lokasi pekerjaan dari domisili tukang
  4. Kondisi / medan lokasi pekerjaan
  5. Jenis proyek (Pemerintah/badan usaha swasta/pribadi)
  6. Kualitas proyek (Hotel/kantor/perumahan/sekolah)
  7. Pengetahuan pemilik bangunan tentang harga upah tukang
  8. Tebal tidaknya kantong pemilik bangunan dari segi pandang tukang (red* kadang menentukan lho…)
  9. Tergantung negosiasi dan keikhlasan

Harga2 pada tabel di atas memang tidak mutlak mengikat, hanya saja ada baiknya para pemilik bangunan mengetahui sedikit tentang harga standar yang berlaku di daerah masing2. Ada kemungkinan dari hasil negosiasi dengan tukang harga2 tersebut melampaui dari batas maksimal dan minimal. So… tunggu apalagi, jangan ragu untuk bernegosiasi dengan tukang.


Yang perlu diingat oleh para pemilik pekerjaan adalah sebuah moto yang sering dilontarkan “Bagus Itu mahal”. Jadi seandainya para pemilik pekerjaan telah memberikan harga maksimal kepada tukang, maka sewajarnyalah pemilik pekerjaan memberikan pengawasan ataupun teguran dan penolakan dari hasil pekerjaan apabila tidak sesuai dengan standar yang kita inginkan.

Dan berhati-hatilah apabila anda memberikan harga minimal kepada para tukang…. (Anda tentu lebih mengerti dengan hal ini).


Untuk Perencana/Pengawasan/Pelaksana/Mandor borong dan Kontraktor dapat Menghubungi :

Contack person : Radi Wijaya (0812 6555 8807)

E-mail : rumahminimalis01@gmail.com

Atau Jika Bapak/ Ibu Ingin List Harga Upah Tenaga Kerja/ Tukang Juga dapat Menghubungi Kami. Karena Saling Tolong Menolong itu Lebih Baik.